Anggota DPR RI

PROFIL ANGGOTA
RACHMAT GOBEL
No.Anggota
401
Fraksi
Fraksi Partai NasDem
Daerah Pemilihan
GORONTALO
MEDIA SOSIAL
KALENDER
  • Agenda Acara

Hutang Untuk Proyek RSU Ainun Habibie di Bahas Dalam Reses Bersama LSM

08 Januari 2020 / KEGIATAN LAINNYA

Tak seperti reses pada umumnya. Reses yang digelar Rachmat Gobel kali ini agak berbeda, jika dibandingkan dengan reses yang pernah dilakukan anggota legislatif di Gorontalo sebelumnya. Peserta reses Wakil Ketua DPR RI itu, ternyata adalah pimpinan dan pengurus Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)  Se-Provinsi Gorontalo.

Rupanya Wakil Ketua DPR RI itu, sengaja mengundang pengurus LSM yang ada di daerah setempat, selain untuk meminta masukan, juga untuk membangun komitmen untuk mengawasi jalannya pembangunan nasional mapun di dareah.

“Secara filosofi, meski saya anggota DPR RI. Peranan saya bisa dibilang sama sepertihalnya kawan-kawan LSM. Peranan kita adalah sama. Mengawasi, menyuarakan dan memperjuangkan apa yang menjadi hak-hak rakyat,” kata Rachmat Gobel dalam tatap muka dan dialog dengan pengurus LSM se Provinsi Gorontalo yang digelar di Warkop JDS 35 Kota Gorontalo.

Ia mengungkapkan, kedudukan dan peran LSM sangat membantu peran dan fungsi yang melekat di DPR RI. Karenanya, baginya LSM merupakan lembaga yang bisa dijadikan partner kerja di bidang pengawasan.  Ia bahkan memberikan ruang yang seluas-luasanya untuk mendiskusikan bahkan mendorong upaya penegakan hukum, terhadap berbagai proyek bermasalah di daerah, dan menuai protes dikalangan masyarakat.

Namun demikian, Ia juga mewanti-wanti kepada LSM, agat senantiasa tetap memegang komitmen untuk konsisten mengawal persoalan-persoalan tersebut, dengan dilandasi niat yang lurus dan tekad berjuang semata-mata untuk kepentingan rakyat, bangsa dan negara.

“Bagi saya, jabatan ini adalah amanah yang harus saya pertanggungjawabkan di hari kelak. Saya sudah selesai dengan urusan hidup saya. Saya ingin mendedikasikan hidup saya untuk berbuat kebaikan bagi banyak orang, melalui amanah yang saya emban saat ini. Jika kawan-kawan LSM punya niat yang sama, dengan saya. Mari kita bermitra bergandengan tangan melakanakan amanah ini. Tapi jika niat kawan-kawan lain, maka sebaiknya kita tidak perlu bermitra,” tukas Rachmat Gobel.

Dalam dialog itu, berbagai hal disampaikan pengurus LSM. Dari masalah kasus korupsi pada sejumlah proyek nasional mapun di derah, maupun usulan-usulan pembangunan yang ingin dihadirkan di Gorontalo.

Beberapa persoalan krusial dan menyita perhatian publik, terkait sejumlah mega proyek di Gorontalo, juga dibahas dalam pertemuan itu.

Terkait dengan Hutang untuk membiayai Proyek Lanjutan Pembangunan Rumah Sakit Ainun Habibie, dirinya akan membicarakan hal itu dengan Badan Perencanaan Nasional (BAPENAS).

Ia mengemukakan, kewajiban pemerintah Provinsi Gorontalo untuk menyicil kewajiban hutang selama 20 tahun harus dipertimbangkan secara matang. Agar tidak mengganggun pemenuhan kebutuhan anggaran untuk sektor lainnya. Terlebih pada kondisi perekonomial global yang sedang memanas saat ini, bisa sewaktu-waktu mengancam perekonomian dan stabilitas keuangan nasional.

Ia juga mengemukaan, saat ini masih menggali kedalaman kajian BAPENAS terkait Skema KPBU pada proyek yang dibanderol sebesar 841 Miliar, dan akan dicicil pengembalian investasinya sebesar 90 Miliar per tahun selama 20 tahun kedepan.

“Kalau dilihat dari besaran pengembalian Investasinya, kita masih membutuhkan kajian yang lebih dalam lagi, sebab ada kewajiban yang berpotensi masalah yang akan kita wariskan kepada generasi kita dalam 20 tahun mendatang. Kita juga masih ingin mengetahui, mengapa BAPENAS bukan mengembangkan rumah sakit yang sudah ada, atau meningkatkan kulaitas infrastruktur puskesmas yang sebetulnya keberadaannya lebih dekat dengan masyarakat,” ungkapnya.

Rachmat Gobel sendiri, selain menduduki jabatan sebagai wakil Ketua DPR RI yang mengkoordinir komsi yang bermitra dengan sejumlah kementrian strategis. Ia juga adalah  anggota Komisi 11 yang salah satu mitra kerjanya adalah BAPENAS.

Ikut dalam agenda Reses itu juga, anggota DPRD Provinsi Gorontalo dari Partai Demokrat, Erwinsyah Ismail. Milenial yang kini menjadi aleg itu sengaja ikut menghadiri agenda, karena sikap Rachmad Gobel yang memposisikan dirinya bukan sebagai wakil partai Nasdem di parlemen, melainkan wakil seluruh rakyat Indonesia.

TOTAL KOMENTAR (0)