Anggota DPR RI

PROFIL ANGGOTA
RACHMAT GOBEL
No.Anggota
401
Fraksi
Fraksi Partai NasDem
Daerah Pemilihan
GORONTALO
MEDIA SOSIAL
KALENDER
  • Agenda Acara

Rachmat Gobel Temui Pelaku UMKM di Desa Getan Jawa Tengah

23 Nopember 2019 / KEGIATAN LAINNYA

Setelah kemarin mengunjungi dan menyerap aspirasi pelaku usaha Industri Kerajinan di Yogyakarta.  Siang ini, kunjungan kerja Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel berlanjut ke Desa Gentan, Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo Provinsi Jawa Tengah.

Dalam kunjungan kerja ke desa yang memiliki suasana kehidupan sehari-hari bagaikan perkotaan itu, Rachmat Gobel menyempatkan diri mengunjungi Rudjito Glass & Craft, salah satu lokasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)yang bergerak dibidang usaha industri kerajinan berbahan baku kaca.

Menurut Rachmat Gobel, Presiden Joko Widodo dalam berbagai kesempatan meminta agar UMKM harus naik kelas dan tidak hanya bertahan di usaha kecil saja. Karenanya penting bagi DPR RI untuk terus memberikan dorongan kepada pemerintah, dalam peningkatan kualitas produk UMKM, agar bisnis ini menjadi produsen ekspor ke pasar global.

Ia menambahkan, Indonesia termasuk dalam sepuluh besar negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat, salah satunya karena pesatnya pertumbuhan UMKM. Keranya UMKM harus menjadi kunci untuk rancang bangun pembangunan yang inklusif dengan mempertemukan bisnis besar dengan bisnis kecil agar pemerataan ekonomi dapat menyentuh semua lapisan masyarakat.

Tahun 2018 kemarin, Kementerian Koperasi dan UKM RI mencatat,  terdapat kontribusi 60 juta unit UMKM sebesar 60,34 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).  Kontribusi ini mampu membantu penyerapan tenaga kerja hingga 97 persen dari total tenaga kerja nasional.  Jumlah usaha kecil di Indonesia mencapai 93,4 persen, usaha menengah 5,1 persen, dan besar hanya 1 persen.

TOTAL KOMENTAR (0)