CPNS

CPNS

Persyaratan Pendaftaran

NO. PERTANYAAN JAWABAN
1.
Di mana saya bisa dapat melihat rincian dan jumlah tiap formasi CPNS Sekretariat Jenderal DPR RI Tahun Anggaran 2021
Anda dapat melihat kualifikasi pendidikan, jumlah dan unit penempatan tiap formasi pada Pengumuman dan infografis yang terdapat dalam laman website https://www.dpr.go.id/cpns
2.
Berapa jumlah formasi yang dibuka untuk CPNS Sekretariat Jenderal DPR RI Tahun Anggaran 2021
75 Formasi
3.
Apakah perbedaan formasi umum dan formasi khusus?
Formasi umum adalah formasi yang dialokasikan bagi warga Negara Indonesia yang memenuhi persyaratan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan Formasi khusus adalah formasi yang dialokasikan bagi: a. putra/putri lulusan terbaik berpredikat “dengan pujian” cumlaude; b. Diaspora; c. penyandang disabilitas; dan d. putra/putri Papua dan Papua Barat.
4.
Apa Seleksi CPNS itu ?
Seleksi yang bertujuan untuk memperoleh PNS yang profesional, jujur, bertanggungjawab dan netral, yakni CPNS yang memiliki karakteristik pribadi, mampu berperan sebagai perekat NKRI, memiliki intelegenisia yang tinggi dan memiliki keterlampilan, keahlian dan perilaku sesuai dengan tuntutan jabatan.
5.
Apa itu SKB?
Berdasarkan Permenpan Nomor 27 Tahun 2021 Seleksi Kemampuan Bidang (SKB) adalah seleksi yang mengukur kemampuan dan karakteristik dalam diri seseorang berupa pengetahuan, keterampilan, perilaku yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas jabatannya sehingga individu mampu menampilkan unjuk kerja yang tinggi dalam suatu Jabatan tertentu.
6.
SKB CPNS Setjen DPR RI dilaksanakan berapa tahap dan berapa persentase bobot penilaian pada masing-masing tahapan?
SKB terdiri dari 4 tahapan yaitu: 1. SKB I menggunakan metode CAT BKN bobot penilaian 50 %; 2. SKB II Psikotes bobot penilaian 20 % 3. SKB III Tes Kemampuan Bahasa Inggris (EPTIGO)bobot penilaian 10 % 4. SKB IV Wawancara bobot penilaian 20 %